Cara Edit Photoshop Seperti Fotografer Profesional

Cara Edit Photoshop Seperti Fotografer Profesional

alnusra.net – Bagi yang menggunakan Photoshop, cara edit Photoshop seperti Fotografer sangat penting untuk Anda kuasai. Ada banyak hal yang bisa didapatkan bila menguasai editing Photoshop, khususnya untuk Anda yang memiliki hobi editing. 

Photoshop menjadi salah satu software editing yang direkomendasikan untuk siapa saja. Berbagai macam fitur yang ada di dalamnya cukup lengkap dan pastinya akan memudahkan Anda dalam melakukan editing. Maka dari itu, Anda harus memahami sebaik mungkin mengenai editing Photoshop seperti halnya seorang Photografer professional.

Perbaiki Warna dan Kejernihan Foto

Sebaiknya Anda gunakan saja pengaturan “Brightness/Contrast” supaya bisa mendapatkan nuansa lebih gelap, hitam dan putih terang. Selain itu, perlu juga meningkatkan saturasi warna pada gambar supaya lebih tajam dan cerah.

Agar gambar tidak tampak janggal, perbaiki saja warna yang ada dengan mengubah “Hue” agar hasilnya lebih dramatasi. Pastikan melakukannya secara perlahan dalam proses pengubahan “Hue” tersebut. Gunakan juga pengaturan “Shadows/Highlights” jika ingin menghapus bagian yang terang berlebihan.

Terdapat menu filter “Sharpen” yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi gambar buram atau kurang fokus. Disini Anda harus mempertimbangkan ketika memperkecil gambar yang buram ataupun kualitasnya rendah. Dengan ini akan membuat lebih jelas dan pixelnya lebih rapat.

Perbaikan Pada Komposisi dan Noda Foto

Cara mengedit Photoshop agar seperti Fotografer? Cara ini dapat dilakukan dengan memotong gambar menggunakan “Aturan Sepertiga”. Foto yang menarik pastinya akan lebih terlihat jelas. Bila perlu gunakan saja perkakas “Red Eye” dalam memperbaiki tampilan mata pada gambar yang di edit. Perkakas tersebut terletak pada bagian “Patch” di bawah ikon mata bilah alat.

Manfaatkan kuas kecil juga untuk menghilangkan noda kecil, ada “Spot Healer” yang bisa Anda gunakan. Seperti halnya masalah jerawat akan hilang bila menggunakan fitur yang satu ini. Agar dapat menghilangkan objek dan juga masalah kecil pada gambar, Anda bisa menggunakan fitur “Content-Fill”. Efek yang satu ini dapat menyamarkan masalah untuk Anda.

Sementara untuk mengganti sebagian kecil foto dengan bagian lainnya, gunakan saja perkakas “Patch”. Fitur tersebut memiliki fungsi yang sangat baik untuk mengganti bagian foto yang tidak diinginkan secara halus. Dengan melakukan perbaikan pada komposisi dan noda foto ini akan membuat hasil gambar lebih berkualitas.

Penggunaan Photoshop Harus Efektif

Photoshop harus digunakan secara efektif dalam proses pengeditan. Anda bisa menggunakan pilihan “Save as a Copy” bila ingin membuat duplikat gambar sebelum pengeditan. Pelajari juga mengenai manfaat “Adjusment Layers” supaya mendapat hasil edit yang berkualitas.

Membuka foto dalam modus “Camera Raw” juga dapat dilakukan untuk perbaikan oto dengan cepat tanpa harus merusak objek gambar. Namun untuk melakukan perubahan yang sama pada beberapa gambar sekaligus, gunakan saja “Batch Commands” supaya lebih efektif.

Baca Juga : Inilah 3 Cara Membuka PDF yang Terkunci

Banyak cara edit Photoshop seperti Fotografer yang bisa Anda lakukan. Pelajari dengan baik supaya bisa memahami tentang editing Photoshop. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *