Ingin Makan Roti Sobek? Yuk, Intip Resep dan Cara Membuatnya Ini

Ingin Makan Roti Sobek? Yuk, Intip Resep dan Cara Membuatnya Ini

alnusra – Siapa tak mengenal roti sobek?. Makanan manis yang kini sering diidentikan dengan bentuk perut yang sixpack tersebut memang mudah kita jumpai di berbagai toko, minimarket, pasar, hingga kantin. Rasanya yang manis legit dipadu dengan teksturnya yang lembut membuat kudapan satu ini cocok untuk mengganjal perut di kala santai.

Apabila Anda ingin mencoba membuat kudapan tersebut secara homemade, kali ini kami akan berikan resep sekaligus cara membuat roti sobek yang mudah dan dijamin antil gagal. Penasaran? Mari simak informasi menarik ini sampai habis, ya!

Bahan-bahan

Sebelum mengikuti tutorial cara membuat roti sobek atau dikenal juga dengan istilah tear and share bread sebaiknya siapkan bahan-bahannya sebagai berikut.

  1. 225 gram tepung terigu
  2. 4 sendok makan gula pasir
  3. ½ sdt garam halus
  4. 30 gram susu bubuk
  5. 1 sendok teh ragi instan
  6. 1 butir kuning telur
  7. 25 gram mentega
  8. 150 ml air putih hangat

Langkah-langkah

Setelah menyiapkan resep roti manis nan lembut di atas, kini saatnya ikuti langkah-langkah membuatnya sebagai berikut.

  1. Larutkan 2 sdm gula pasir dengan air hangat, lalu tambahkan bubuk ragi instan. Setelah itu, diamkan cairan tersebut selama kurang lebih 10-15 menit sampai muncul buih banyak. Buih disini menandakan bahwa ragi tersebut mulai aktif. Apabila tidak muncul buih, itu artinya ragi tidak aktif dan Anda bisa menggunakan yang baru.
  2. Dalam wadah lain, campurkan tapung terigu, 2 sdm gula pasir, garam, susu bubuk, dan kuning telur. Setelah agak merata, lalu masukkan cairan ragi aktif dan aduk menggunakan sendok atau whisk sampai merata.
  3. Selanjutnya, tambahkah mentega ke dalam adonan lalu aduk kembali menggunakan tangan bersih. Apabila terasa agak lengket, Anda dapat menambahkan sedikit tepung. Nah, jika adonan sudah merata bahan-bahannya, diamkan setidaknya 30-35 menit dengan ditutup menggunakan serbet lembab atau plastic wrap.
  4. Setelah adonan mengembang menjadi dua kali lipat lebih besar, kempiskan lalu uleni kembali.
  5. Bagi adonan menjadi beberapa bagian. Bila perlu gunakan timbangan dapur agar memperoleh ukuran sama rata.
  6. Bentuk bulat adonan-adonan tersebut, lalu masukkan ke dalam loyang yang telah diolesi mentega sebelumnya.
  7. Panggang adonan dalam oven berapi sedang selama kurang lebih 30 menit. Selama proses pemanggangan, sesekali cek kondisi roti. Apabila sekiranya sudah terlihat matang sebelum 30 menit, Anda bisa mengeluarkannya. Begitu masih panas, segera olesi permukaan roti dengan mentega agar rasanya makin lezat.
  8. Angkat roti sobeknya dan sajikan!

Sebagai tambahan, apabila Anda ingin membuat kudapan tersebut lebih spesial lagi, Anda dapat menambahkan isian atau toping di dalamnya. Lalu bagaimana caranya?. Mudah sekali, cukup beri isian pada bagian tengahnya berupa parutan keju, meses coklat, selai buah, atau jenis isian lainnya ketika adonan sudah dibagi menjadi kecil-kecil, kemudian tunggu beberapa saat dan panggang.

Mudah sekali, kan!

Baca Juga : CARA MENDAPATKAN KUOTA GRATIS TELKOMSEL TERBARU 2020

Oke, itu dia penjelasan singkat mengenai resep dan cara membuat roti sobek anti gagal sekaligus enak. Tidak terlalu sulit bukan?. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *