Inilah 3 Cara Membuka PDF yang Terkunci

Inilah 3 Cara Membuka PDF yang Terkunci

alnusra.net – File berformat PDF dapat diberi proteksi berupa kata sandi agar keamanannya lebih terjamin. Namun bisa jadi Anda sebagai pemilik file PDF kadang lupa password ataupun ingin menghilangkan proteksi. Bagaimana cara membuka PDF yang terkunci tersebut?

 

Anda dapat mengakses file PDF owner-locked yang passwordnya mungkin lupa dengan menggunakan aplikasi Chrome. Chrome juga bisa dipakai apabila Anda mau menghilangkan password pengguna dari berkas PDF milik Anda, asalkan Anda tahu passwordnya. Berikut ini ada 3 cara membuka PDF yang terkunci di laptop yang bisa Anda coba.

 

  1. Memakai Google Chrome

Anda bisa coba menggunakan browser Chrome dan memanfaatkan fitur pencetakan (Print) agar password bisa dihapus dari file PDF. Buka aplikasi Chrome, lalu akses Google Drive https://drive.google.com/drive/. Halaman Drive Anda akan ditampilkan selama Anda telah login ke akun Google.

 

Unggah berkas PDF ke Drive, bisa dengan cara drag-and-drop maupun dengan klik tombol + New di pojok kanan atas, selanjutnya pilih opsi File Upload. Setelah berhasil diupload, klik dua kali berkas tersebut, kemudian PDF akan terbuka di browser. Jika berkasnya dilindungi oleh password (user-locked), masukkan password lalu klik Submit.

 

Setelah PDF terbuka, tekan tombol Ctrl+P (Windows) atau Command+P (Mac), maka jendela Print akan muncul. Setelah itu, carilah opsi Save as PDF, klik opsi tersebut agar berkas bisa tersimpan di laptop sebagai file yang tidak dipassword.

 

  1. Memakai Soda PDF

Soda PDF adalah sebuah website yang bisa dipakai untuk menghapus proteksi PDF. Buka alamat URL https://www.sodapdf.com/unlock-pdf/ di aplikasi web browser Anda. Selanjutnya, klik Choose File yang ada di sisi kanan halaman. 

 

Kemudian Anda pilih PDF mana yang diinginkan, setelah diklik maka file akan diunggah ke website SodaPDF.com. Ketikkan kata sandi pada kolom teks yang disediakan. Apabila Anda tidak tahu apa passwordnya, Anda tak bisa membuka maupun menghapus proteksinya.

 

Setelah mengetik password, klik Unlock. Lanjutkan dengan klik View & Download in Browser. PDF yang sudah tak diproteksi bakal didownload ke laptop dan Anda dapat membukanya tanpa perlu memasukkan password.

 

  1. Memakai Adobe Acrobat

Gunakan aplikasi Adobe Acrobat Pro (berbayar) untuk menghilangkan proteksi (user-password) pada file berformat PDF. Klik menu File, klik Open untuk membuka berkas PDF, klik pada file yang Anda inginkan.

Setelah file terbuka, masukkan kata sandinya untuk membuka berkas, klik OK. Klik ikon kunci gembok yang berada di bawah tab Home. Berikutnya, klik Permission Details, klik kotak Security Method, lalu pilih No Security.

 

Masukkan lagi passwordnya, lalu tekan OK dua kali. Jika password yang Anda masukkan tepat, maka PDF Anda tidak memiliki proteksi password lagi.

Baca Juga : Menghitung Angka Arab 1-10 Dengan Mudah

Demikian ulasan cara membuka PDF yang terkunci, cara-cara tersebut mesti digunakan secara bijak. Perlu diingat, jangan mencoba membuka file yang bukan milik Anda, karena hal ini bisa dianggap sebagai perbuatan yang ilegal. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *