Teknik Mudah Mengatasi Mual Ketika Hamil Muda

Teknik Mudah Mengatasi Mual Ketika Hamil Muda

alnusra.net – Pada umumnya, wanita yang baru hamil akan mengalami morning sickness, alias mual dan muntah di pagi hari. Melansir dari sebuah studi tentang kehamilan, terdapat 50-80% wanita hamil akan mengalami gejala morning sickness. Meski bukan perkara mengkhawatirkan, tentu penderitanya akan merasa kurang nyaman atas kehadirannya. Lantas, bagaimana cara mengatasi mual saat hamil?

Teknik Mengatasi Rasa Mual Ketika Hamil

1. Memastikan Tubuh Tetap Terhidrasi

Apabila ibu baru tidak berselera makan lantaran rasa mualnya, cobalah untuk meningkatkan asupan carian dalam tubuh. Anda bisa mengkonsumsi makan atau minum tinggi kalium dan natrium layaknya saus apel, pepaya, melon, pisang, blewah, air kelapa, kaldu bening, hingga kaldu ayam.

2. Membuat Minuman Jahe

Atau bisa juga dengan membuat minuman jahe sendiri di rumah. Parutlah jahe mentah, masukkan ke dalam cangkir, lalu seduh menggunakan air panas selama kurang lebih 3 menit.

3. Mengalihkan Perhatian

Rupanya mengalihkan fokus kita dari rasa sakit dapat memberikan banyak bantuan loh! Untuk itu, buatlah rencana untuk sekedar keluar dari lingkup privasi dan cobalah nikmati keindahan alam terbuka.

4. Makanan Hambar vs Pedas

Memang sangat lezat dan menggiurkan, namun makanan pedas kaya akan bumbu, digoreng, atau asam bisa mengakibatkan iritasi. Cobalah untuk mengganti menu tersebut dengan makanan lain yang rasanya lebih tawar seperti buah-buahan, telur, dan sayur-mayur. Contohnya saja ubi jalar dan pisang.

5. Mengkonsumsi Makan Saat Dingin/Bersuhu Ruangan

Makanan bersuhu ruang atau dingin notabene lebih mudah ditoleransi tubuh manusia lantaran bau dan juga rasanya tidak terlalu kuat, daripada mengkonsumsinya saat hangat/panas. Dalam masa kehamilan, seorang ibu dimungkinkan akan merasa perutnya lebih nyaman ketika mengkonsumsi makan saat dingin lantaran aromanya tidak akan sekuat itu.

6. Kenakan Pakaian Senyaman Mungkin

Mengenakan pakaian ketat di masa kehamilan tentu akan sangat sesak & tidak nyaman. Guna menghindari hal tersebut, pakailah pakaian longgar, terutama di bagian pinggang.

7. Penuhi Asupan Zat Besi

Zat besi dalam suplemen kemasan mungkin dapat membuat perut ibu menjadi tidak nyaman. Karenanya, konsumsilah bersamaan dengan makanan supaya rasa tidak nyaman itu bisa berkurang. 

Apabila Anda mendiagnosis keberadaan vitamin prenatal sebagai penyebab utama perut terasa kurang nyaman, coba konsultasikan dengan dokter terkait alternatif lain suplemen sedikit zat besi, kemudian fokus pada peningkatan sumber makanan untuk kandungan tersebut.

8. Hindari Pemicu Mual

Jika diperlukan, tulislah hal apa saja yang kerap memicu rasa mual serta bagaimana prosedur untuk menghindarinya. Beberapa pemicu bisa berasal dari aroma, makanan tertentu, pemandangan, atau bahkan sebuah suara.

9. Hindari Konsumsi Pemanis Buatan Beserta Kafein

Bagi sebagian orang, campuran kafein dan pemanis buatan dalam makanan atau minuman bisa memperburuk gejala morning sickness.

Baca Juga : Cara Edit Photoshop Seperti Fotografer Profesional

Itulah beberapa cara mengatasi mual saat hamil yang bisa Anda contoh. Cukup mudah untuk dipraktekkan ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *