Tombol Capslock pada Keyboard Berfungsi untuk

Tombol Capslock pada Keyboard Berfungsi untuk

alnusra.net – Dalam pembahasan kali ini Anda akan mengetahui informasi terkait fungsi dari tombol capslock yang terdapat pada keyboard komputer Anda. Anda menggunakan tombol ini untuk mengatur penggunaan huruf kapital. Anda dapat mengaktifkan atau mematikan tombol ini sesuai kebutuhan.

Cara Mematikan Capslock

  1. Dengan Menekannya Kembali

Apabila Anda secara sengaja atau tidak sengaja mengaktifkan capslock pada keyboard laptop atau PC Anda, maka untuk menonaktifkannya cukup dengan menekannya kembali apabila memang tombolnya masih memiliki fungsi yang baik.

Aktivitas tombol ini memang terkadang menjadi hal yang menyebalkan karena memang terletak berdekatan dengan tombol Tab dan Shift. Padahal, fitur tombolnya bisa dimatikan permanen. Untuk mematikan secara permanen dapat Anda lakukan melalui Komputer Mac serta Windows.

2 Dengan Membersihkan Tombol yang Tertahan atau Macet

Saat Anda sudah menekannya kembali namun tetap masih nyala, maka aka nada dua kemungkinan, yaitu tombol macet atau memang tertahan dengan posisi yang lebih rendah. Anda dapat membersihkan serta memperbaikinya dengan memanfaatkan kaleng udara yang terpampat atau bisa juga dengan cara menggosoknya perlahan dengan cotton bud yang sebelumnya sudah dicelupkan dalam alkohol.

Saat sedang membersihkan tombol Anda perlu untuk berhati-hati sebab untuk garansi perangkat keras bisa saja tidak berlaku karena Anda yang merusaknya.

  1. 3. Jalankan Kembali Komputer 

Anda bisa menjalankan kembali komputer Anda apabila tombol yang ada pada laptop Anda sedang rusak atau tertahan. Untuk menjalankan cara ini dapat Anda lakukan dengan cara:

  • Pada menu windows buka pilihan start kemudian klik “restart”.
  • Apabila Komputer Anda Mac, maka Anda perlu membuka menu Apple kemudian pilih “Restart” dan klik kembali saat diminta.

Cara Menonaktifkan pada Komputer Windows

  1. Pertama Anda dapat membuka menu Start, kemudian klik pada gambar Windows yang terdapat pada bagian pojok layar sebelah kiri.
  2. Kemudian ketik Notepad, tombol ini memiliki fungsi untuk mematikan tombol capslock. Ikon ini berupa buku dengan warna biru yang terdapat pada bagian atas.
  3. Masukkan kode untuk menonaktifkan capslock. Kode ini dapat Anda peroleh dari dokumen notepad.
  4. Pilih menu file, letak menu ini terdapat di sebelah kiri pojok atas pada menu tampilan notepad. Kemudian pilih opsi drop-down.
  5. Ketik Save As, pilihan ini terdapat pada sebelah bawah menu drop-down pada jendela “save as” yang akan ditampilkan.
  6. Masukkan nama file, pada bagian bawah dari jendela, ketik “disable_caps_lock.reg,
  7. Selanjutnya klik menu drop-down dan pilih save as, pilihan ini berada dibagian bawah “file name”.
  8. Masih pada menu drop-down klik pilihan All files.
  9. Selanjutnya pilih tempat penyimpanan, simpan pada folder yang gampang diakses, Anda perlu mengingat letak penyimpanan karena folder ini nantinya akan Anda buka kembali.
  10. Klik Save, fitur ini terdapat di sebelah pojok bawah jendela, maka file Anda akan tersimpan pada folder yang sudah dipilih.

Baca Juga : Penyebab Print Spooler Windows 10 Selalu Mati dan Cara Mengatasinya

Dengan fungsi dari tombol capslock pada komputer Anda yang dapat mempermudah untuk mengatur tampilan huruf kapital, tentu akan membuat Anda lebih mudah mengerjakan tugas sesuai dengan kaidah penulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *